Tanjab Barat Raih Penyaji Terbaik 3 Festival Seni Tradisi Tingkat Provinsi Jambi


  

Kabid Kebudayaan A. Latif, S.Pd mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tanjab Barat menerima hadiah Penyaji Terbaik 3  yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Jambi.

 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi menggelar Festival Seni Tradisi 11 Kabupaten/Kota dalam Pekan Kebudayaan Daerah yang diselenggarakan pada 23-24 September 2022 di Kawasan Tanggo Rajo, Ancol Kota Jambi, tepatnya di depan Rumah Dinas Gubernur Jambi bertepatan dengan Festival Batanghari 2022.

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Jambi, Dr. H. Al. Haris, SH, MH. Gubernur menyampaikan bahwa kegiatan ini  penting dilaksanakan untuk mengangkat budaya yang ada di Provinsi Jambi dan merupakan salah satu strategi promosi dalam menunjang minat dan daya tarik wisata terhadap kebudayaan lokal. Diharapkan dari kegiatan ini menjadi ajang kebangkitan kita. Karena banyak tradisi atau kuliner lokal yang ada di masyarakat. Selain itu Festival Batanghari sudah resmi menjadi kalender nasional, dimana Jambi sendiri mendapatkan tiga event yakni Festival Batanghari, Festival Danau Kerinci dan Festival Candi Muaro Jambi. Pemerintah Provinsi Jambi mendukung penuh acara ini sebagai upaya pelestarian budaya tradisional dan memperkenalkan budaya Jambi. Dengan Festival ini diharapkan melahirkan karya-karya anak muda, kemudian menjadi semangat dalam menjaga dan melestarikan Sungai Batanghari agar dapat bersih seperti semula.
Festival Seni Tradisi ini diikuti 11 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, dimana dengan menampilkan seni tradisi berupa upacara adat yang disajikan dalam seni pertunjukan, upacara adat yang berlaku dan menjadi ciri khas daerah masing–masing baik yang masih berlangsung atapun yang terancam punah. Selain itu penyajian diperbolehkan dalam berbagai genre seperti tari, musik, sastra lisan dan lainnya yang dikemas dalam bentuk pertunjukkan.
Setelah menampilkan penampilan terbaik dengan berbagai penilaian, Kota Sungai Penuh berhasil menjadi Penyaji Terbaik 1, Kabupaten Merangin sebagai Penyaji Terbaik 2, Kabupaten Tanjung Jabung Barat sebagai Penyaji Terbaik 3 dan tiga nominasi terbaik diraih Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Kerinci.(tr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.