DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KAB. TANJAB BARAT MENYELENGGARAKAN BIMTEK ARKAS

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) bertempat di Hotel Abadi Grand Jambi. Kegiatan berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 2 – 4 Desember 2022. Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh seluruh kepala satuan pendidikan jenjang SD dan SMP se Kabupaten Tanjung Jabung Barat berjumlah 282 orang yang terdiri dari 216 kepala SD Negeri dan Swasta dan 66 kepala SMP Negeri dan Swasta.
Tujuan diadakan kegiatan Bimtek ini adalah untuk mensosialisasikan sistem aplikasi rencana kegiatan dan anggaran sekolah (ARKAS) agar satuan pendidikan dapat menggunakannya secara mahir dalam menyusun perencanaan anggaran, penatausahaan, dan pelaporan. Selain itu juga untuk mengoptimalkan penggunaan sistem aplikasi ARKAS untuk pengelolaan dana bos sehingga memudahkan sekolah dan dinas dalam membuat laporan keuangan.
Narasumber kegiatan Bimtek ini berasal Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Jambi, Kementerian Dikbudristek dan narasumber internal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tanjung Jabung Barat.
Turut hadir pada acara pembukaan Bimtek, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Inspektur dan Kepala Bappeda Kab. Tanjung Jabung Barat.
Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan merupakan kunci utama suatu negara untuk bisa maju, dimana pendidikan harus mampu mentransformasikan sumber daya manusia untuk menjadi produktif, kreatif, inovatif, dan tangguh dan sebagai wujud komitmen terhadap hal tersebut pemerintah pusat telah memberikan alokasi anggaran yang cukup besar untuk pendidikan. Salah satunya melalui program dana bos yang bertujuan untuk menyokong pendanaan biaya operasional bagi satuan pendidikan dengan bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) non fisik. Dengan adanya bimtek ini diharapkan informasi tentang pengelolaan dana BOS dapat dipahami dan dilaksanakan oleh para penanggung jawab bos ditingkat satuan pendidikan sehingga tercipta persepsi yang sama serta memiliki pemahaman yang benar dalam pengelolaan dana yang berpedoman pada ketentuan yang berlaku. (tr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.